Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Youtuber Calon Sarajana Mencuri Konten dari Youtuber JT


Hey gaes.. Dewi disini balik lagi di blog Berbagai Informasi. Kali ini aku mau bahas tentang kasus Yotuber indonesia dengan Youtuber luar Negri.

Salah seorang youtuber lokal yang berinisial CS tengah menghadapi masalah serius saat ini. Pasalnya, dirinya ketahuan 'mencuri' video seorang youtuber yang bernama JT dimana dirinya adalah seorang 'polisi' youtube . Disebut polisi karena dirinya akan mengungkap semua hal hal busuk yang terjadi di youtube dan dirinya pernah bermasalah dengan seorang youtuber turki yang bernama Enes Batur dimana youtuber tersebut memplagiat dan mencuri konten Pewdipie dan berbagai konten populer lainnya yang ia curi dan plagiat.

Dirinya sempat menyerang balik JT yang membongkar kebusukannya dengan cara menghanguskan berbagai video JT yang membahas kebusukannya denga copyright strike palsu dan hal itu berhasil membuat banyak videonya yang mengungkapkan fakta tersebut dihapus oleh youtube. Namun, banyak juga yang tak suka dengan Enes Batur di turki dan malah membantu JT untuk menghentkan Enes Batur. Hal ini bermula dari subreddit pewdipie yang mengangkat masalah Enes Batur mencuri dan memplagiat konten pewdipie dan malah menyerang JT dengan copyrightstrike palsu . Hal itu sempat membuat subreddit tersebut dibanjiri meme Enes Batur dan akhirnya makin banyak orang yang tahu mengenai drama ini.

Efeknya, banyak orang yang membantu JT membahas kejahatan Enes Batur , namun Enes Batur menyerang mereka dengan copyrighstike palsu dan masalah tersebut sempat memanas di Turki sampai jadi berita nasional disana. Namun JT tak menyerah. ia tetap mengadukan ke youtube kalau Enes Batur memanglah melakukan plagiasi dan pencurian dengan kartu asnya, laporan bahwa Enes Batur telah melakukan copyrightstrike palsu dan akhirnya setelah sekian lama mencoba melaporkan, Enes Batur hancur reputasinya dan videonya kembali muncul lagi.



Hal serupa terulang lagi dengan CS di mana dirinya malah 'nekat' mencuri video JT yang membahas tentang Parlophone Records yang menjadi nomor satu dalam peringkat sosial blade.Seperti yang kita ketahui bahwa CS hanya menambahkan sedikit efek, menambahkan video reaksi serta menerjemahkan video tersebut agar terhidnar dari copyrightstrike youtube dan agar dirinya dapat menguangkan video tersebut. Selain video, thumbnailnya pun dicuri hanya dengan menambahkan emoji dan watermarknya. JT pun mengakui tak masalah videonya diambil selama mencantumkan kredit terhadap dirinya, namun CS dalam keterangan videonya ingin seolah olah terlihat melakukan riset dalam membuat videonya.

Mengetahui hal tersebut, akhirnya JT meberikan copyright ke videonya tersebut dan melayangkan aduan copyright ke email CS yang mengelola masalah copyright.Kemudian, akun twitter CS melayangkan permohonan maaf ke JT melalu DM dan JT tak mau memaafkannya karena dirinya tahu kalau CS juga telah banyak mencuri video lain dari youtuber luar. JT sangat responsip terhadap berbagai kiriman yang membantu penyelidikan dirinya terhadap kasusnya sehingga dirinya bisa mengetahui hal tersebut.JT pun sudah siap jika CS melakukan gugatan hukum padanya karena dirinya merasa tidak ada yang dapat dituntut oleh pihak CS.

Video CS yang dicuri dari JT tersebut dihapus dan kemudian CS melayangkan permintaan maaf secara publik atas kesalahannya tersebut. Namun JT tetap tak puas dan akhirnya meneror beberapa video CS karena CS dianggap bermasalah bukan hanya terhadap dirinya, namun juga youtuber luar lain yang dicuri olehnya. Karena hal tersebut, akhirnya CS membatasi videonya hanya dapat dinikmati oleh regional indonesia. Namun hal tersebut tidak menylutkan JT karena dirinya tetap mencari informasi lebih lanjut tentang CS dan cara untuk mengatasi masalah ini sehingga JT pun tahu kalau CS juga maasuk nominasi panasonic gobel award.

Tambahan informasi, CS sendiri adalah budak koropat dari Infia, sebuah perusahaan yang utamanya berfokus pada konten dunia maya dan juga memiliki perusahaan event organizer dan perushaan menangani bisnis retail.

Dilansir dari hitekno, Sutradara sekaligus komika terkenal, Ernest Prakarsa, ikut menyindir kasus plagiat yang menimpa Calon Sarjana."Seriusan Youtube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan gak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. B*ngk* amat," kata Ernest Prakarsa melalui akun Twitter resminya, @ernestprakasa.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai sesama seniman atau kreator, dirinya gampang terpancing emosi kalau ada kasus pencurian ide."Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. B*j*ngan," tambah @ernestprakasa.Menanggapi hujatan netizen Indonesia dan beberapa influencer ternama, sang CEO Infia Network akhirnya ikut buka suara.Seperti yang telah diketahui bahwa Calon Sarjana masih dalam satu naungan media dengan Infia Network.

Sang CEO Infia Network, Richo Pramono menyampaikan permintaan maafnya dan bahkan me-mention akun @ernestprakasa agar ia bisa belajar kepada para content creator atau seniman senior."Sekali lagi kami mohon maaf atas kejadian ini. Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi kami untuk lebih intensif memberikan masukan positif kepada partner kami agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Beribu rasa terimakasih juga kami ucapkan untuk @masedoo dan khususnya @ernestprakasa yang telah mengingatkan kami dalam kejadian ini. Sekali lagi, kejadian ini menjadi pelajaran penting dalam perjalanan Infia," kata Richo Pramono dalam akun Twitter resminya, @Jerangkah.

Dalam thread-nya, ia meminta netizen untuk tidak ikut menghardik beberapa partner yang masih menjadi naungan Infia Network seperti Tahi Lalats, JSD, dan lain-lain karena dirinya beranggapan bahwa mereka tidak ada sangkut pautnya dengan kasus plagiat atau pencurian konten yang menyangkut Calon Sarjana.Ia mengakui bahwa mereka masih jauh dari layak, sehingga masih membuka diri dan menerima masukan dari netizen.Meski sudah meminta maaf, video terbaru di channel YouTube Calon Sarjana masih dihujani dengan komentar negatif serta sindiran dari netizen.

Kembali ke bahasan JT, akibat drama ini, CS sempat menjadi trending topik lokal. TIdak hanya itu, pembahasan mengenai CS ini juga telah diketahui media masa dan televisi nasional sehingga Ernest Pun juga mengetahui masalah ini seperti yang telah diberitakan oleh hitekno sebelumnya. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat aduannya kepada youtube ditanggapi oleh pihak youtube dan malah aduannya tersebut seolah olah dicueki oleh pihak youtube dan dirinya mengakui bahwa pihak youtube tidak terlalu membantu dirinya dalam menyelesaikan masalahnya dan ada kesan cuci tangan dari pihak youtube karena dirinya melawan youtuber yang menjadi pundi pundi uang pihak youtube.Hal ini seolah olah terbukti dari keluhannya terhadap team youtube yang dikacangi sementara aduan orang lain yang ada di postingannya malah ditanggapi.Belum ada perkembangan lebih lanjut dari JT, namun yang jelas JT sedang menyelidiki lebih lanjut masalahnya dengan CS yang dibantu oleh netizen indonesia.

Sebagai tanggapan atas kasus ini, netizen facebook indonesia membuat parodi logo CS. diketahui yang pertama kali membuatnya adalah seorang facebooker yang bernama Abdul Dzikri pada tanggal 7 november pukul 13.00 dengan memplesetkan nama CS menjadi calon maling dan postingannya tersebut mendapatkan 824 react dan telah dibagikan sebanyak 1243 kali. Kemudian, gambarnya pun direpost oleh FP logo posting pada pukul 15.06 dan telah mendapatkan lebih dari 2500 react dan telah dibagikan sebanyak lebih dari 1000 kali. Sejak saat itu, banyak netizen yang mensubmit logo CS mereka ke FP logoposting sebagai tanda mereka mendukung JT untuk membumihanguskan CS.

Source : https://www.facebook.com/knowyourmemeID/photos/ms.c.eJwFwYENADAIw7CPJhqgFf8~;Npu1EBC82nmsNVeV0GnfB3B2Bqs~-.bps.a.1418028824916839/2561212227265154/?type=3&theater

Posting Komentar untuk "Youtuber Calon Sarajana Mencuri Konten dari Youtuber JT"